Senin, September 15, 2014

Ngapain Belajar Forex ama saya?

Tanpa permisi...tak pikir-pikir ternyata cukup lama juga ya...gak muncul di blog tercinta ini. Adalah benar sejak tanggal 12 Mei 2014, saya mengajukan ijin cuti secara personal kepada para anggota GROUP WhatsApp - Forex Winarafx untuk sedikit lebih fokus sejenak dalam menekuni usaha atawa bisnis sampingan yang sedang saya rintis di bidang konstruksi. Hal ini terus terang membuat saya terkadang merasa kurang enak hati, karena sering terlambat merespon pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para rekan trader dan juga terpaksa harus menolak secara halus permintaan Konsultasi dan Kursus Forex.

Tidak, tidak...saya tidak berniat untuk berpaling dari Forex yang sudah menghidupi keluarga saya sejak beberapa tahun lalu. Forex masih menjadi sumber penghasilan utama saya hingga kini. Yang berubah adalah saya hanya punya waktu sedikit untuk melayani konsultasi forex, dikarenakan padatnya aktifitas bisnis real yang saya lakukan dibundling dengan bisnis online forex trading yang masih terus dilakukan saat waktu luang.

Trus, klo ada yang mau dan minat untuk belajar atau ikut kursus forex gimana? Ya bisa-bisa aja, tapi harus sabar menunggu, menyesuaikan dengan jadwal aktifitas bisnis konstruksi yang saya lakukan. ATAU bisa belajar ke tempat lain misalnya :
  1. Dewa Scalper (dewaskripsi.com) yang di pandu oleh Master PUPUNG WIDIYA PURNAMA
  2. Johnpaul77 trader sukses indonesia yang pernah masuk Top 3 di myfxbook menggunakan broker FUTURES GALERIA dan melayani Forex Copy di askap social
  3. Indrafxscalping (indocentralfx.com) sang Legenda Scalping Indonesia asal Purwokerto Jawa Tengah, dan lain-lain.
Nih screenshootnya para master dan suhu forex :

Belajarlah dengan yang sudah terlihat kesuksesannya, ngapain musti repot-repot berguru ama saya, lha wong saya ini cuma Senior Newbie Forex kok, ini buktinya :

Walaupun terlihat seperti bumi dan langit, namun anugerah ini wajib saya syukuri. Alhamdulillah. Tetap Semangat. Salam Profit.

Rabu, April 30, 2014

Ciri Trader Forex yang Sukses

Mengutip dari sebuah e-book berjudul Golden Wave Trading Method (bosenkere.com) yang saya download secara gratis disini. Bahwa psikologi trading sangatlah penting terutama bagi para trader pemula yang ingin mencapai hasil baik dan stabil di dunia forex. Kurangnya rasa percaya diri dan tidak dapat mengontrol emosi (rasa jengkel, takut, marah, serakah) akan tambah membuat stress binti panik ketika strategi yang diterapkan tidak berjalan seperti yang telah direncanakan. Namun sebaiknya, jangan buang energi yang dimiliki untuk merespon setiap hasil negatif/loss, lebih baik dicurahkan saja untuk mempelajari strategi-strategi baru dan menikmati momen-momen yang indah dalam hidup. Lalu seperti apa sih ciri-ciri seorang trader forex dinyatakan berhasil dan sukses dalam mengelola psikologinya?
  • Menganalisa market secara “menyeluruh” dan tidak terburu-buru menyimpulkan untuk entri posisi. 
  • Tidak “mencari” momen bagus untuk entri, tapi tetap setia “menunggu” momen terbaik.
  • Tidak menggerutu a.k.a ngedumel saat telat melihat/mengetahui "sinyal" yang mengakibatkan kehilangan momen bagus untuk memperoleh profit dan menganggap hal tersebut bukan rejekinya.
  • Tetap tersenyum and no grasa-grusu ketika terjadi requote dan no connection yang mengakibatkan instant order tidak bisa tereksekusi dengan baik, padahal ada momen bagus untuk entri.
  • Tidak latah/gregetan untuk masuk market yang sedang melaju kencang.
  • Tangannya gak gatel untuk ceklak-ceklik mouse maksa entri posisi padahal belum ada sinyal konfirmasi.
  • Tetap tenang dan yakin bahwa order yang sudah tereksekusi sudah tepat, walaupun kondisinya masih floating minus. Sengaja tutup telinga seolah tidak peduli dengan “rumor” yang beredar di pasar.
  • Memastikan kembali langkah entri posisi yang diambil sudah tepat, menganalisa ulang secara total, terutama disaat keraguan tiba-tiba menerpa tanda amygdala bekerja.
  • Cerdas dan disiplin dalam mengatur waktu trading, sehingga tidak perlu nongkrong di depan komputer terus-menerus sambil melototin chart tiap detik.
  • Bertindak cepat tepat dan tidak ragu untuk memotong kerugian saat salah melakukan analisa namun terlanjur entri.
  • Selalu mengikuti tren market dan tetap merespon/menerima kondisi pasar yang telah mengisyaratkan perubahan dengan segera menjalankan “Plan B”.
  • Segera keluar dari market dan menutup meta trader saat merasa cukup dengan perolehan profit. Istirahatlah.
  • Tidak ngoyo bin serakah mengejar profit besar, selalu merasa cukup dengan profit rutin.
  • Bila tertimpa musibah loss, menerima dengan ikhlas dan mengevaluasi mencari penyebab berikut solusinya, agar dikemudian hari tidak terjadi lagi. A Good Trader never stop learning.
Kriteria di atas adalah murni hasil survei terhadap diri sendiri. Bagi saya, stress itu adalah musuh terbesar bagi trader forex. Kenapa? karena dengan tegangnya pikiran dapat membuat seseorang melakukan tindakan-tindakan diluar nalar (akal sehat) alias abnormal. So, Mulai dari sekarang mari biasakan untuk sebisa mungkin mengelola/manajemen stres, sebelum dan saat melakukan trading forex.

Senin, April 14, 2014

Frequently Asked Questions (FAQs) bagi yang ngaku masih Newbie di Forex

Apa kabar Pak? Kemana aja? Kok gak pernah update blog lagi? Dah lama banget gak ada postingan baru? Hehehe...karena didasari pertanyaan beruntun itulah saya maksain untuk lanjut nge-bloging lagi.

Sesuai janji saya sebelumnya hari ini saya akan membahas "Beberapa pertanyaan yang sering diajukan atau populer dikalangan para trader forex pemula alias nubi". Dan berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan tersebut yang masuk ke inbox e-mail, yang ternyata hal ini mirip dan pernah dibahas oleh Rob Pasche dengan judul 3 Popular Questions New Forex Traders Ask (Kok bisa ya?)
  1. Time Frame berapa yang bagus dan paling pas untuk trading? Jawab: Pemilihan TF harus disesuaikan dengan strategi trading yang dimiliki dan waktu kesibukan sehari-hari. TF H1 dan Daily cocok bagi trader yang masih berstatus pekerja/pegawai. Tapi, apapun TF yang Anda pilih nantinya, saya sarankan konfirmasikanlah selalu arah trend menggunakan time frame yang lebih besar.
  2. Pakai Indikator apa aja? Bagi donk indi nya! Trus cara make nya gimana yah? Jawab: Indikator itu digunakan untuk membantu trader dalam mengidentifikasi, menganalisa dan memprediksi market saat trading. Indikator akan akurat jika digunakan secara tepat. Jangan jadikan indikator sebagai alat pengambilan keputusan untuk entri posisi tanpa disertai pemahaman mendalam tentang indikator tersebut. Sebaiknya pahami dulu fungsi / kegunaan dari tiap jenis indicator, bagaimana dan kapan harus digunakan, jangan cuma asal pakai atau semua di pake. Pilih satu atau dua indikator asli yang sudah disediakan MetaTrader MT4, sesuaikan dengan karakter trading, misalnya: Moving Average MA, Bolinger Band BB, Relative Strength Index RSI, Fibonacci Retracement Fibo dll. Buang jauh-jauh anggapan semakin banyak indikator yang digunakan, maka semakin akuratlah prediksi yang dihasilkan. Bagi saya pribadi, makin banyak indikator itu bikin bingung bin ruwet a.k.a ribet. So, Keep It Simple Stupid (KISS).
  3. Take Profit / TP nya berapa pips dan naruh Stop Loss / SL nya dimana? Jawab: Take Profit dan Stop Loss ditentukan berdasarkan karakter pair mata uang dan kesanggupan (psikologi) trader itu sendiri. Saran saya, TP cukup kecil saja 3-10 poin, tidak perlu banyak-banyak, yang penting bisa profit rutin. Ingat peribahasa mengatakan Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Ini akan melatih kedisiplinan dan mengontrol sifat serakah alias greedy. Nah, untuk penentuan SL perlu disertai pahaman pola market. Cara termudah adalah tempatkan SL dibawah garis support, garis resistance dan titik Parabolic SAR yang diyakini. TP dan SL ini wajib ditentukan diawal disetiap entri posisi, untuk mencegah terjadinya perubahan harga yang tiba-tiba atau terputusnya connection.
  4. Apa bedanya Buy / Sell Limit dengan Buy / Sell Stop? Gimana cara masang pending ordernya? Jawab: Selain direct order atau eksekusi langsung a.k.a instant execution, ada juga yang namanya pending order. Buy Limit : Pemesanan harga (pending order) posisi Buy dibawah harga berjalan (running price), dengan harapan harga turun dulu sebelum lanjut naik. Buy Stop : Pending order posisi Buy diatas running price, dengan harapan harga terus terbang ke atas setelah tembus. Sell Limit : Pending order posisi Sell diatas running price, dengan harapan harga up dulu sebelum lanjut rundown. Sell Stop : Pending order posisi Sell dibawah running price, dengan harapan harga terus terjun ke bawah setelah tembus. Mana yang bagus? Klo saya sih lebih memilih pakai PO Limit. Kenapa? Resikonya cenderung lebih kecil.
  5. Target profit sehari harus di setting berapa pips? Jawab: Fokuslah dengan rencana trading yang telah dibuat. Target seorang trader forex bukanlah dilihat dari berapa pips yang dihasilkan, tapi berapa persen profit harian yang diperoleh. Cukup 1% per day... santai dan terkesan gak ngoyo. Buat apa profit ratusan bahkan ribuan pips klo cuma pake lot amuba?
Saya bangga jadi Trader Forex Indonesia. Salam profit.

Rabu, Februari 05, 2014

Mari berburu barang gratisan

Kata "gratis" (Indonesia) atau "percuma" (Melayu) adalah magic word yang paling di nanti dan di cari oleh para penjelajah dunia maya a.k.a internet (klo gak percaya tanya aja ama pakar SEO search engine optimization). Lho kok bisa ya? Saya sendiri baru aja membuktikannya, berawal dari postingan minggu lalu yang mengandung kata ajaib tersebut. Pengunjung blog tiba-tiba meningkat cukup tajam dan berimbas pada penuhnya inbox alias kotak masuk oleh e-mail yang bersubjek "Tanya Winarafx". Bagi saya ini adalah sebuah rekor dan suatu kehormatan tersendiri setelah sekian lama menulis blog. Alhamdulillah pertanyaan yang tiba di meja redaksi konsultasi gratis forex by online sangat banyak dan beraneka ragam. Namun, insya Allah semuanya akan saya jawab satu per satu.

Dari keseluruhan pertanyaan dapat saya kelompokan menjadi 3 topik utama yaitu:
  • Pertanyaan umum mengenai bisnis dan investasi;
  • Pertanyaan yang paling sering diajukan trader forex pemula;
  • Keluhan, curhatan, masukan, pujian dan cercaan tentang trading forex.
Berhubung saya pernah berprofesi sebagai konsultan manajemen dan bisnis, maka pada postingan kali ini terlebih dahulu saya akan menjawab beberapa pertanyaan umum mengenai bisnis dan investasi sebagai berikut:
  1. Investasi apa yang menguntungkan di tahun 2014 ini? Jawab: Berkebun emas batangan dari ANTAM masih menjadi primadona, karena harganya cenderung menanjak. Apalagi saat ini untuk memiliki emas dipermudah dengan cara mencicil di Pegadaian. Alternatif lainnya adalah berinvestasi properti di daerah yang sedang berkembang pesat. Manfaatkan kecanggihan teknologi seperti Google Map untuk mengetahui dan menemukan lokasi strategis sesuai rencana pengembangan tata kota. Keuntungan jangka panjangnya bisa berlipat-lipat.
  2. Mohon info investasi terbaik 2014 yang aman bukan investasi bodong? Jawab: Tabungan dan Deposito di bank pemerintah yang di jamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) adalah investasi yang paling aman menurut saya pribadi. Alternatif lainnya adalah Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Sukuk Ritel Negara (SUKRI) yang merupakan Surat Berharga Negara sehingga bisa dibilang halal, aman juga menguntungkan. Sangat cocok bagi investor yang cenderung menghindari risiko dan ‘saving minded’. Sebuah pilihan investasi jangka panjang yang tepat jika ingin modal terlindungi namun tetap memberikan arus kas pasif secara rutin.
  3. Bisnis apa yang mudah tapi menjanjikan keuntungan? Jawab: Pertama-tama coba tulis beberapa bisnis yang disukai dan sangat ingin dilakukan. Kemudian pilihlah satu saja yang paling dikuasai (mudah), biasanya ada hubungannya dengan latar belakang pendidikan, hobi, pengalaman kerja, jaringan relasi atau keahlian (skill). Manfaatkan asset apapun yang ada, lalu manfaatkan seoptimal mungkin, jangan memikirkan ide bisnis yang tidak dimiliki (sulit). Segera putuskan, mulai bertindak dan lupakan.
  4. Benarkah ada yang bisa untung besar tanpa modal? Jawab: Benar, jika anda memiliki jiwa sales dan menyukai dunia marketing. Jadilah calo, perantara, agen/broker atau makelar. Menurut ilmu manajemen yang pernah saya pelajari di bangku kuliahan, yang paling utama dalam sebuah bisnis adalah memiliki pasar (market), punya nama (brand) dan dipercaya orang. Yang artinya modal bisa menyusul.
  5. Peluang usaha apa yang hanya perlu modal kecil dan bakalan booming? Jawab: Usaha toko online, mula-mula jual barang yang tidak terpakai di tokobagus sebagai modal usaha beli pulsa untuk internetan. Lalu lihat sekeliling adakah produk yang bisa dipasarkan, berdayakan lingkungan sekitar dengan maksimal. Jadilah reseller atau dropship, segera buka lapak di Forum Jual Beli FJB Kaskus ataupun Tokopedia. Alternatif lain ya, buka biro jasa untuk memenuhi kebutuhan orang-orang kaya atau mulailah menulis bikin buku best-seller.
Setelah membaca jawaban di atas, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa perdagangan forex, saham, index, komoditas juga reksadana tidak termasuk dalam bisnis atau investasi yang menguntungkan? Padahal jelas-jelas ini adalah blog forex. Ya benar, trading valas dan kroni-kroninya memang sengaja gak dimasukin ke dalam kategori profitable business baik yang long-term maupun jangka pendek, karena tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik. Selain itu, pertanyaan umum, ya harus dijawab dengan hal yang umum juga donk (ngeles.com). Salam profit.

Rabu, Januari 29, 2014

Jangan investasi di forex ya!

Wuih ngeri kali... sudah gulung tikar kah rupanya abang kita ini?

Jelas bukan demikian maksudnya, judul di atas sengaja saya tampilkan agar para calon trader/investor yang masih setengah hati segera mundur teratur dari investasi forex ini. Lho kenapa, supaya gak ada saingannya ya? Tanpa keseriusan, kegigihan, keuletan dan kedisiplinan yang tinggi, forex trading hanya akan bikin bangkrut seseorang. Adalah benar bahwa trading forex bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi bukan berarti bahwa cocok untuk semua orang. Terbukti hanya sedikit orang yang bisa survive atau bertahan di bisnis forex ini. Perdagangan valuta asing secara daring memiliki resiko yang tinggi dan dapat mengakibatkan kehilangan seluruh dana yang disetorkan oleh investor. Jadi apabila masih ragu-ragu untuk terjun di dunia forex ini, saya sarankan sebisa mungkin segera untuk menjauhi forex trading alias jangan sekali-kali coba main forex deh. Tapi kalo panjenengan tetep maksa juga, ya monggo… walaupun Anda sesungguhnya tidak perlu report-repot menginvestasikan uang atau dana yang Anda sendiri tidak mampu kehilangannya. Seperti kata pepatah primbon kuno mengatakan "daripada cuma ketakutan dan bikin stres, mendingan tidak mencoba sama sekali".

Bagi yang nekad bin keukeh pingin berkecimpung di dunia pervalasan ini, silakan untuk membaca terlebih dahulu beberapa artikel bagus mengenai forex yang ada di blog ini. Semua tulisan-tulisan ini, saya buat berdasarkan pengalaman trading forex saya pribadi sejak tahun 2008. Walaupun saya bukan seorang master forex tapi InsyaAllah artikel terbaik forex yang ada disini dapat bermaanfaat untuk rekan-rekan sekalian khususnya bagi pemula. (maaf agak sedikit lebay dan cenderung riya', astaghfirullah)

Oiya, klo ada yang mau tanya-tanya tentang forex ke saya juga boleh kok. Konsultasi ini GRATIS alias free tidak dipungut biaya. Bagaimana caranya? Cukup kirimkan pertanyaan melalui:
  • E-mail : ws.winara@gmail.com dengan subjek "Tanya Winarafx"
  • Twitter : @WinaraFX dengan hashtag #SedekahWinarafx
  • BBM : 766BA9C7
  • YM : gunung_w@yahoo.com
  • WeChat : gw_winara
InsyaAllah semua pertanyaan yang masuk akan segera saya jawab. Jangan sungkan yo... Salam profit.

Jumat, Januari 17, 2014

Mengenal "fundamental" dari Youtube


Sumber: Hot Thread Kaskus

PS: Selamat Menunaikan Ibadah Sholat Jum'at untuk rekan trader (laki-laki) muslim.. semoga membawa keberkahan bagi kita semua. Aamiin.

Rabu, Januari 15, 2014

Aturan wajib saat melakukan bisnis forex

Seperti kita ketahui bersama bahwa Keberhasilan di forex hanya terjadi apabila disertai dengan keseriusan, ketekunan, kegigihan dan kedisiplinan. Tidak perlu yang namannya sihir, mantra, mukjizat, primbon, fengsui atau ilmu falak (astronomi) untuk mendapatkan profit yang melimpah. Ingat! forex bukan hidup atau mati, juga bukan untung atau buntung tapi semua bekerja berdasarkan analisa.

So agar rekan-rekan trader sekalian tidak makin tersesat dalam belantara forex, saya akan berbagi beberapa tips yang harus di taati:
  1. Pahami benar pola market dan karakter mata uang.
  2. Hindari melakukan teknik trapping menjelang news besar dengan memasang pending order buy stop dan sell stop dalam waktu yang bersamaan.
  3. Tunggu waktu yang tepat untuk masuk ke market. Kesabaran Anda sangatlah dibutuhkan.
  4. Ikuti trend besar, jangan sekalipun berpikiran untuk mencoba melawan trend. Sebagai rujukan pahami teori Dow.
  5. Pilihlah strategi yang sesuai jati diri Anda. Ikut boleh, tapi jangan ikut-ikutan. Hindari teknik yang terlalu kompleks bin ruwet.
  6. Catatlah histori trading Anda beserta alasannya agar dapat dievaluasi di kemudian hari.
  7. Fokuslah ke satu mata uang. Jadilah master atau pawang dari salah satu pair.
  8. Berdisiplinkan untuk tidak terlalu banyak membuka posisi di berbagai pair secara bersamaan. Karena akan menghabiskan free margin dengan cepat dan akan membuat Anda panik binti bingung, terutama sekali saat floating loss.
  9. Tidak menempatkan batas kerugian yang terlalu dekat dengan titik entri.
  10. Jangan pernah menggeser titik SL (Stop Loss).
  11. Apabila SL tersentuh, segera tutup Metatrader MT4 dan laptop anda, lalu tenangkan diri.
  12. Luangkan waktu beberapa menit saja untuk berlatih, belajar dan mereview kesalahan trading Anda.
  13. Jangan biarkan emosi dan rasa takut mendominasi aktivitas trading Anda.
  14. Bagi teknikal trader, yakinlah selalu bahwa perjalanan masa lalu akan mencerminkan kondisi masa depan.
  15. Usahakan selalu berperan aktif dalam diskusi di forum. Ingat, semakin banyak ilmu yang di sharing, semakin banyak pula ilmu yang akan kita dapatkan.
Poin-poin di atas adalah pendapat saya pribadi sebagai seorang Senior Newbie tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Mudah-mudahan dapat dijadikan panduan dan pemicu keberhasilan dan kesuksesan bagi para rekan trader. Dan apabila ingin menambahkan lebih banyak aturan, jangan sungkan untuk menulisnya di bagian komentar. Salam Profit.

PS: Sehubungan dengan adanya rumor akan bangkrutnya Esia (CDMA), maka sebagai alternatif komunikasi untuk Konsultasi dan registrasi Kursus Private Forex berikut nomor GSM saya +62 813-8022-5825 (for SMS Only).