Minggu, Mei 31, 2009

Broker Lokal vs Broker Luar

Beberapa hari yang lalu, salah satu teman baik saya menghubungi saya dan menceritakan betapa susahnya mencari profit dari Forex jika pake broker lokal/nasional. Karena katanya, selain spread yang sedikit lebih besar, juga setiap open posisi dikenakan komisi beberapa puluh dollar. Belum lagi, jika ada posisi yang menginap akan dikenakan swap yang lumayan besar terutama pada hari Rabu malam menuju ke hari Kamis pagi.

Saya bertanya kepada teman saya, "Kenapa dulu memutuskan untuk investasi di broker lokal?". Dan beliau menjawab :

Keuntungan berinvestasi di broker lokal adalah
1. Dilindungi dan dijamin oleh pemerintah, dalam hal ini BAPPEBTI dan BBJ.
2. Eksekusi transaksi lumayan cepat, tidak ada spread melebar, dan jarang re-quote.
3. Kenyamanan dan keamanan penarikan dan penyetoran dana.
Bonus: Marketing yang bohay dan manis... (sebenernya ini alasan utamanya hihihi)

Kelemahan berinvestasi di broker lokal adalah
1. Deposit minimal besar yaitu sekitar USD 10,000 atau 100 juta rupiah.
2. Leverage rendah. (1 lot profit 10 poin = USD 100)
3. Kena komisi setiap lot. (3-6 poin per 1 lot, jika profit 10 poin, net profitnya jadi 4-7 poin).
4. Setiap posisi yang menginap dikenakan swap alias bunga/pajak administrasi.
5. Spread banyak yang lebih dari 3 poin.

Kemudian saya jelaskan bahwa keuntungan dan kelemahan broker luar atau internasional adalah kebalikan dari broker lokal. Jadi semuanya tergantung sang investor sendiri ingin memilih yang mana.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

modalnya gede juga ya klo trading di forex broker lokal

Unknown mengatakan...

kalau saya sendiri sampai sat ini sudah nyaman dengan broker OctaFx yang sudah teregulasi dengan baik, banyak layanan yang saya dapatkan tetapi yang paling meenyenangkan adalah floating spread 0,2 yang rendahnya itu lho

nanangfx mengatakan...

saya pun saat ini lebih tertarik dan antusias menggunakan Broker luar untuk menunjang kegiatan trading yang saya lakukan. berbagai keunggulan fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh broker luar membuat saya tidak ragu untuk mengandalkan broker luar dalam mendukung kegiatan trading yang saya jalankan. saat ini saya trading dengan memanfaatkan minimal deposit $5 pada akun Micro dari OctaFX dengan ditunjang oleh leverage 1:500 dari OctaFX.