Selasa, Desember 04, 2012

Evaluasi Trading Menjelang Akhir Tahun 2012

Kondisi market tahun 2012 ini ternyata masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu cenderung fluktuatif sepanjang tahun. Menurut para ahli ekonomi dunia yang dikutip dari koran KONTAN digital gratisan, hal ini menyebabkan semakin sulitnya menjaring profit di pasar uang terutama bagi para pemain (trader) long-term.

Apakah pernyataan para ahli di atas secara tidak langsung menyatakan bahwa para SCALPER lah yang bisa menaklukan (berjaya) dunia pervalasan ini? SETUJU!!! Itulah kemungkinan tanggapan dari kaum UNDER TEN PIPS FANS yang alhamdulillah selalu mendapatkan Consistent Profit pada tahun ini. Bagaimana dengan Anda?

Melalui postingan ini, saya ingin mengingatkan kepada para kawans trader forex untuk selalu mengamati dan mencermati secara detail kebiasaan market di akhir tahun sebelum melakukan trading atau entri posisi. Ciri-ciri pasar uang akhir tahun sudah mulai terlihat sejak bulan November 2012, yang antara lain adalah:
  • Harga bergerak atau berubah signifikan menjelang Pasar Amerika Tutup dan saat Tokyo Open, biasanya ditandai kemunculan Candle Tambun (size body besar).
  • Pergerakan harga yang kebanyakan hanya dipengaruhi tindakan para Retail Trader saja, menyebabkan harga cenderung lemah tidak ada power, biasanya ditandai range harian yang lebih sempit.
Kenapa bisa begitu? Ya karena, para trader besar yaitu lembaga keuangan sudah mulai mencicil take profit atau close posisi long-termnya secara bertahap. Saran saya selaku Assistant Senior Nubie Forex yang rada sok tau ini, alangkah lebih bijak apabila dapat mengakhiri trading Forex tahun 2012 pada tanggal 14 Desember dan mengawali trading valas di 2013 pada tanggal 14 Januari. Walaupun sifat serakah saya mengatakan bahwa pair EURUSD terlihat masih berpeluang untuk naik lebih tinggi hingga akhir tahun, tapi saya lebih memilih untuk liburan.

Nah sehubungan dengan rencana liburan di atas, maka Konsultasi dan Kursus Private Forex (KK PX) untuk tahun ini, InsyaAllah akan diselenggarakan terakhir pada tanggal 16 Desember 2012. Dan akan dibuka lagi satu tahun kemudian yaitu tanggal 12 Januari 2013. Buruan daftar, waktu dan tempat terbatas!!!

Ini murni sebuah masukan bukan paksaan, yang kesemuanya tergantung pribadi masing-masing. Yah, itung-itung memperingati hari jadinya Artileri TNI-AD yang secara tidak langsung sudah menginspirasi saya dalam mengaplikasikan ilmu sniper.

2 komentar:

Yahya Alkarimi mengatakan...

ARTIKELNYA BAGUS BRO...POSISI SAYA SAYA TINGGALKAN MASIH FFLOATING 90 POINT..KALO GBP/USD NAIK LAGI MC DAH......MAMPIR JUGA KE KIOS SAYA BRO

Unknown mengatakan...

Evaluasi memang penting sekali. Saya sepakat dengan anda.

Dan jyga jangan lupa terus mengedukasi diri sendiri supaya semakin matang dan berkembang. Ada source bagus untuk edukasi. bisa cek ke MySmartfx.