Minggu, Oktober 30, 2011

Pertanyaan lucu tapi saya akan jawab...

Menanggapi e-mail dari seorang kawan yang berisi pertanyaan sebagai berikut :
"Halo pak, lam kenal...

Sya jg seorang trader yg kurang lebih 1 bln ini sya memantau semua blog yg Bpk miliki.

Sya salut untuk smua opini dan posisi trading yg Bpk posting, hal tersebut sampai membuat terkagum-kagum, kok bisa ya Bpk tau arah pergerakan market? Apakah ini seperti "insider trading" dlm bursa saham atau memang Bpk bisa membaca masa depan?

Tp, stelah sya membaca tulisan http://belajar-beton.blogspot.com/2011/10/buka-kembali-namun-terbatas.html, sya jd ragu akan kesuksesan Bpk (walaupun udah sya pernah membuktikan sendiri kebenaran dari opini trading Bpk). Krn, menurut pendapat sya seorang udah sukses di Forex, tdk akan meminta bayaran saat ada orang ingin belajar ttg Forex."

E-mail diatas sengaja saya potong supaya tidak terlalu panjang (baca: bertele-tele). Saya coba akan menjawab pertanyaan tersebut tapi gak pake singkat-singkatan kata ya... hehehehe :

"Salam kenal dan Salam profit, sebelumnya saya ucapkan terima kasih telah memantau semua blog bikinan saya. Hal ini membuat saya terkagum-kagum dengan kegigihan Anda dalam mencari informasi tentang Forex.

Perlu saya jelaskan disini saya bukanlah seorang "Papa Loren" atau seorang "Time Traveller" yang mengetahui apa yang terjadi dimasa depan. Saya adalah seorang nubie di dunia Forex yang hanya melakukan sebuah analisa teknikal saat trading.

Apa itu analisa teknikal ( What is Technical Analysis ) ? Analisa secara matematika (statistik) yang dilakukan berdasarkan data pergerakan masa lalu untuk memprediksikan pergerakan harga ke depan. Gitu...

Mengenai "komersialisasi" ilmu saya, dari dalam hati saya mohon maaf jika kurang berkenan, hal ini terpaksa saya lakukan dengan alasan sebagai berikut:

* Sebagian biaya akan digunakan untuk membantu para sesama trader yang membutuhkan demi terciptanya "Gerakan Nasional Merampok Broker".
* Membiayai operasional saat proses belajar-mengajar berlangsung.

Jujur saja, lebih enak trading sendiri daripada harus mengajari orang. Tapi ini sudah menjadi komitmen saya, untuk mem-sharing ilmu sambil memperluas tali silaturahmi antar trader. Itu..."

Mulai bulan November 2011, saya tidak akan lagi memberikan opini trading. Sebagai gantinya saya akan mensharing indikator dan EA yang kadang saya gunakan. Jurnal dan berbagi artikel trading tetap akan dilanjutkan. Terima kasih. Salam profit.

Tidak ada komentar: