Selasa, November 15, 2011

Thanks to Pak Satrio Budi

Alhamdulillah bisa posting lagi... semua ini berkat doa dari para trader dan pengunjung setia blog ini.

Kemarin adalah hari yang nekat dan beruntung bagi saya, karena apa? Sekitar pukul 14.00 WIBB (jam 9 waktu server) saya dapat bisikan dari salah seorang master GU (trader spesialis GBPUSD) via BB untuk ambil posisi/entri SELL. Tanpa berpikir panjang langsung saja tangan seorang nubie ini secara otomatis (baca: tanpa disuruh, red.) menekan tombol F9 dan tereksekusilah order SELL tanpa requote. Seperti biasa pulalah setelah di klik SELL harga serta merta naik, lalu apa yang saya lakukan? Saya melakukan averaging 2 level, yang artinya membuka 2 posisi SELL tambahan dengan selisih 5 pips sehingga walhasil saya memiliki 3 posisi SELL (posisi pertama di 1.6065, posisi kedua di 1.6070, dan posisi terakhir yang tereksekusi adalah 1.6075). Dan hasilnya WOOWWW BOOMM saya bak trader profesional yang membuka posisi di ujung dan harga langsung terjun... (baca: jadi ini tho yang menjadi rahasia kok bisa open posisi di ujung hehehe, red.). Target atau TP pun di buat secara bertahap yaitu di 1.5986, di 1.5935, dan yang terakhir dibuat floating hingga ada tanda2 kenaikan (hilal naik muncul). Hal yang sama saya lakukan juga pada pair EURUSD kemarin.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana jika setelah melakukan averaging harga terus naik? Jawabannya sederhana, tetap tenang jangan panik, yakinlah selalu dengan sistem/rule trading yang Anda buat, dan jangan pernah takut untuk melakukan cut loss (apabila perlu).

Lalu apa yang harus dilakukan jika level averaging (terutama jika pake sistem martingale) sudah menumpuk yang sangat membebani equity? Stop menambah posisi dan wajib mendisiplinkan diri untuk menutup semua posisi jika equity sudah bertambah, walaupun dengan profit hanya secuil. Ingat secuil itu profit, bukan loss!!!

Gimana caranya? Biasanya saya menggunakan / mengaktifkan EA Close All untuk menutup semua posisi secara bersamaan di waktu yang hampir sama. Kelemahan EA ini, trader harus menunggu saat yang tepat untuk melakukan Close All. Bagi yang ingin download atau mengunduh EA Close All disini.

Dan bagi yang tidak sempat untuk menunggu momen atau saat yang tepat untuk melakukan Close All. Dapat menggunakan / mengaktifkan EA Close all after account profit reached, karena EA ini akan menutup posisi apabila profit secara keseluruhan yang ditargetkan sudah terpenuhi atau tersentuh. Untuk download atau mengunduh EA Close-trades after account profit reached silakan klik link ini.

* Kamus : Averaging adalah pembukaan posisi oleh trader dengan arah dan lot yang sama karena posisi pertamanya loss, sedangkan Martingale itu adalah entri posisi berikutnya yang dilakukan oleh trader ketika posisi pertamanya loss dengan cara melipatgandakan lot *

Tidak ada komentar: